You are here

Forum SKPD Kabupaten Kerinci

Selasa 14 Maret 2017. Badan perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan daerah melaksanakan forum SKPD yang dihadiri oleh seluruh Asisten, OPD/SKPD, Kecamatan dan juga Kelurahan yang bertempat di ruang pola BP4D.

Dalam laporan ketua Panitia pelaksana Dr. Yannizar menyampaikan Tujuan Forum SKPD (menurut Pasal 145 Permendagri Nomor 54 tahun 2010) adalah sebagai berikut :
1. menyelaraskan program dan kegiatan SKPD dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan;
2. mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan SKPD sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD;
3. menyelaraskan program dan kegiatan antar SKPD dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan Kabupaten Kerinci; dan
4. menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing SKPD.

Acara ini di buka langsung oleh Bupati Kerinci Dr. Adirozal, Dalam sambutan nya beliau menyampaikan dalam melaksanakan pembangunan harus ada singkronisasi antar SKPD yang di organisir oleh BP4D misalnya kantor camat dibangun tapi jalan kesana nggak bagus, maka harus di dukung oleh pembuatan jalan untuk memudahkan masyarakat kesana, dan beliau menegaskan apabila ada proposal dari masyarakat yang mengajukan pembuatan jalan yang menghubungkan beberapa desa maka harus segera kita tampung, tapi apabila jalan hanya melalui satu desa diharapkan menggunakan dana desa, karena dana desa sudah cukup besar sudah hampir 1 Milyar perdesa di gunakan untuk membangun desa, dan lebih 217 Milyar untuk 285 desa di Kabupaten Kerinci.

Selain itu Bupati menyampaikan perasaan senang karena di Kabupaten Kerinci telah dilaksanakan e-planning walaupun belum sempurna dengan harapan dari desa sudah bisa terkoneksi dengan Kecamatan dan kabupaten dalam membuat usulan, disamping itu beliau mengapresiasi adanya rencana dari Kepala BP4D menggabungkan SIMDA dengan e-planing, sehingga tidak ada lagi kegiatan – kegiatan yang digeser dan akan memudahkan kita dalam bekerja, Kalau Kepala SKPD/OPD sampai saat ini masih juga tidak bisa menggunakan teknologi maka itu yang akan kita geser bukan kegiatannya, ucap bupati”

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yang di bagi dalam 2 kelompok pada hari pertama yaitu Ekonomi social budaya di pimpin oleh Ir Hasani dan Yonmansyah ST, di ruang pola, dan di ruang PSP di pimpin oleh Ir. Yazrumal dan Atmir SE.MM, sedangkan hari kedua dikhususkan untuk kegiatan fisik dan prasarana.

Waktu di konfirmasi Kepala bidang PSP yang membidangi kegiatan tersebut mengatakan hasil dari Forum SKPD ini adalah tersusunnya Rancangan Renja SKPD berdasarkan hasil forum gabungan SKPD, dan tersusunnya prioritas kegiatan yang sudah dipilah menurut sumber pendanaan dari APBD (kabupaten dan provinsi) dan APBN yang termuat dalam Renja SKPD menurut kecamatan dan desa; dan tersepakatinya Berita Acara hasil forum SKPD.

Share this